Sejarah Rx 100

Siapa yang tidak kenal dengan RX King? RX King merupakan salah satu motor legendaris keluaran Yamaha yang pernah merajai jalanan , terutama pada era 1980-an hingga awal 2000-an. Karena itu, tak heran jika usia Yamaha RX King cukup lama, khususnya di pasar Indonesia, yaitu kurang lebih 25 tahun (1983-2008).

yamaha rx-100 - forum.maxabout.com

 

Namun, sebelum beredar di pasaran, ternyata RX King memiliki kakek buyut yang bernama RX-100. Motor ini bisa disebut sebagai generasi pertama dari keluarga Yamaha RX dan sudah dipasarkan sejak tahun 1976 hingga tahun 1981.

Untuk bodi, RX-100 masih mengacu pada kombinasi antara motor klasik Eropa dengan motor modern asal di tahun 1970-an. Desain klasik RX-100 dapat ditelusuri pada penggunaan twin cradle frame layaknya motor-motor buatan Inggris, semisal BSA Gold Star 650cc atau Triumph Bonnevile T120 650cc. Sementara, aura modern nyata terlihat pada bagian garpu yang sudah menggunakan model teleskopik.

 Sementara untuk urusan dapur pacu, Yamaha membenamkan tipe 2-stroke karena saat itu ini memang dapat dikatakan sangat ganas. RX-100 menggendong 2-stroke, silinder tunggal, berpendingin udara, berkapasitas 97cc. Dengan bekal tersebut, motor ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,5 HP atau 8,4 kW pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak 0,9 kg-m pada putaran 6.500 rpm.

Namun, jika usia RX-100 di Indonesia tergolong singkat, sebaliknya dengan pemasaran di India dan Jepang. Di dua negara tersebut, motor ini dirilis pertama kali pada tahun 1986 dan diproduksi hingga tahun 1996. Sementara untuk mesinnya, sama-sama mengusung tipe 2-stroke, berkapasitas 98cc, air-cooled, silinder tunggal dan mampu meletupkan daya 11 HP pada putaran 7.500 rpm. Berikut spesifikasi teknis Yamaha RX-100.

Tipe Mesin 2-stroke, silinder tunggal, berpendingin udara
Kapasitas Mesin 97cc
Diameter x Langkah 52 x 45,6 mm
Daya Maksimum 11,5 HP (8,4 kW) @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 0,9 kg-m @ 6.500 rpm
Transmisi 4-speed, constant mesh
Maksimum 100 km per jam
Rangka Double cradle
Dimensi 1.800 x 640 x 420 mm
Jarak Sumbu Roda 1.000 mm
Tinggi Jok 750 mm
Berat 98 kg
Tangki Bahan Bakar 10,5 liter
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing arm, double shock
Ban Depan 2,50-18 4PR
Ban Belakang 2,75-18 4PR
Rem Depan Tromol
Rem Belakang Tromol

Leave a comment